Manfaat Buah Pear

Manfaat Buah Pear
Manfaat Buah Pear – Banyak jenis buah-buahan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. salah satunya adalah Buah Pear. Buah ini rasanya sangat segar, enak dinikmati atau disantap terutama ketika cuaca sedang panas. Karena kandungan airnya cukup banyak sehingga sekaligus untuk menghilangkan dahaga. Di Cuaca dingin, buah ini tetap terasa lezat, karena tidak ikut memunculkan rasa dingin di tubuh.serta Manfaat Buah Pear juga banyak. Karena kandungan vitamin, nutrisi dan gizi dalam buah yang dagingnya berwarna putih seperti beras ini juga cukup berlimpah

Buah Pear yang sudah matang mempunyai berat rata rata sekitar 160 gram/buah, lebih besar sedikit dari genggaman tangan orang dewasa. Pada umumnya Buah Pear permukaan kulitnya berwarna kuning. Namun ada pula yang berwarna hijau,Walapun tidak sebanyak yang Buah Pear berkulit kuning. Buah Pear memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga sangat bagus untuk melancarkan pencernaan dan membuat proses BAB (Buang Air Besar) jadi teratur.

Manfaat Buah Pear

Banyak orang yang belum mengetahui bahwa manfaat buah pear yang paling besar justru terdapat pada bagian kulit. Itulah mengapa, ketika mengkonsumsi buah ini, disarankan tidak perlu mengupas bagian kulit. Sebab, hal itu sama saja kita menghilangkan bagian buah yang memiliki kandungan manfaat paling besar.

Pada bagian kulit Buah Pear mngandung sebagian besar serat yang ada di buah pear. Selain itu, pada bagian kulit buah pear juga terkandung QUERCETIN ialah zat antioksidan dan flavonoid yang memiliki manfaat untuk mencegah radang. Walaupun jumlah zat tersebut tidak sebanyak yang terdapat pada buah apel atau bawang bombai, namun zat ini merupakan nutrien yang baik dari buah pear.

Manfaat Buah Pear lainnya adalah kandungan folat yang dimilikinya, sudah terbukti mampu mencegah cacat pada saraf bayi. Itulah mengapa, para ibu hamil sering dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pear tersebut. Selain itu, bagi mereka yang mempunyai masalah alergi terhadap makanan, juga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pear ini. Sebab buah pear ini aman serta tidak menimbulkan reaksi alergi. Buah pear juga merupakan buah yang sangat dianjurkan sebagai buah pertama yang diberikan untuk anak-anak. Sebab, dalam buah pear ini memiliki kandungan hipoalergenik.

Khasiat Buah Pear

Manfaat Buah Pear  selain yang sudah paparkan diatas, buah pear juga dikenal memiliki beberapa khasiat yang sangat baik.
Beberapa khasiat dari buah pear ini antara lain adalah :

1. Mengendalikan tekanan darah

Hal ini bisa terjadi karena buah pear merupakan jenis buah yang memiliki nilai gizi cukup baik. Kandungan yang terdapat dalam buah pear ini antara lain kalium, serat pangan atau deitary fiber, vitamin C, Vitamin K serta tembaga. Dalam penelitian yang dilakukan oleh The George Mateljan Foundation, kandungan serat pangan dalam buah pear digolongkan dalam kategori baik.

Dengan mengkonsumsi buah pear setiap hari, mampu memenuhi 19,8 persen kebutuhan tubuh akan serat pangan. Buah pear juga bisa berfungsi untuk menurunkan kandungan kolesterol, melalui kandungan serat pangannya yang cukup bermanfaat untuk sistem pencernaan. Konsumsi serat dalam jumlah yang ideal, sangat cocok untuk mengatasi sembelit dan juga aman bagi lambung yang sensitif atau mengalami peradangan usus.

Kandungan serat dan tembaga pada buah pear ini, mampu mencegah timbulnya kanker kolon. Kandungan serat yang tinggi ini juga menjadika buah pear ini cukup baik untuk para penderita diabetes.

2. Kandungan Vitamin

Dalam buah pear, terdapat kandungan vitamin C dan vitamin K yang cukup baik. Dengan mengkonsumsi satu buah pear setiap hari, kita akan mendapatkan asupan vitamin C sebanyak 17 persen dari keseluruhan kebutuhan tubuh. Vitamin C ini merupakan senyawa utama tubuh yang diperlukan pada berbagai proses penting, seperi dalam pembuatan kolagen, mengangkut lemak, mengangkut elektron dari berbagai reaksi enzemik. Selain itu vitamin C juga berfungsi untuk menciptakan gusi sehat, mengatur tingkat kolesterol dan juga memacu kekebalan tubuh.

Kandungan vitamin C dalam buah pear juga sangat baik untuk membantu penyembuhan luka serta meningkatkan fungsi otak agar bisa bekerja optimal. Sementara kandungan vitamin K, dalam buah pear mampu memenuhi 15 persen dari total kebutuhan tubuh setiap harinya.

Vitamin K ini dibutuhkan tubuh untuk membantu prose pembekuan darah pada luka. Selain itu, beberapa penyakit serius bisa dicegah apabila kebutuhan akan vitamin K dalam tubuh tercukupi. Misalnya penyakit jantung dan stroke. Hal ini didapat dari efek vitamin K yang bisa mengurangi pengerasan pembuluh darah yang disebabkan adanya timbunan plak kalsium.

3. Anti Kanker

Manfaat buah pear lain adalah bisa digunakan untuk menjaga kesehatan. Hal ini didapat melalui kandungan senyawa dalam buah pear yang sangat penting bagi tubuh. kandungan tersebut antara lain asam klorogenat yang merupakan satu bagian dari asam hidroksi sinamat. Asam ini berguna sebagai antioksidan yang bisa mencegah pembentukan sel kanker.

Dari hasil penelitian laboratorium, didapatkan penemuan bahwa asam yang ada pada buah pear tersebut bisa mencegah munculnya bakteri Shigella Sonnei. Bakteri ini bisa menyebabkan penyakit pada saluran pencernaan. Asam hidroksi sinamat juga bisa mencegah terjadinya kanker kolon. Kemampuan ini bisa didapat karena asam tersebut bisa mengikat nitrat di dalam perut, yang menghambat pembentukan nitrosamin. Nitrosamin sendiri adalah senyawa karsinogenik (penyebab kanker) yang sangat potensial ada dalam tubuh.

Tips Memilih Buah Pear

Buah pear yang bisa memberikan khasiat serta manfaat Buah Pear adalah buah pear yang memiliki kualitas baik. Ciri-ciri Buah Pear yang baik adalah tidak terlihat memar yang ditandai berwarna biru, terpotong atau warnanya kecoklatan. Buah pear yang matang, biasanya terasa lembut ketika ditekan menggunakan jari. Bila kita tidak ingin langsung mengkonsumsi buah pear tersebut setelah dibeli, pilih buah yang masih keras. Sebab, buah pear yang sudah matang, harus dikonsumsi maksimal dalam waktu dua hari.

Untuk mematangkan buah pear, letakkanlah dalam udara ruangan. Bila ingin menjadikan cepat matang, sandingkanlah dengan buah apel. Sebab, buah apel akan melepas gas etilen ke udara yang bisa membuat buah-buahan di sekitarnya matang lebih cepat. Sedangkan efek antioksidan terbaik dari buah pear, akan didapat ketika buah pear dalam keadaan paling matang.

Demikian Sedikit ulasan Manfaat Buah Pear Semoga Bermanfaat
dan mohon di bantu share ke yang lain.

0 Response to "Manfaat Buah Pear"

Post a Comment