Manfaat Buah Naga Merah

Manfaat Buah Naga Merah
Manfaat Buah Naga Merah Buah naga (hylocereus polyrhizus), merupakan salah satu buah berbentuk oval merah dengan sisik hijau besar. Daging buah naga berbintik-bintik dengan biji hitam kecil. Buah ini memiliki rasa sedikit manis atau agak hambar. Dalam praktek sehari-hari buah naga merah seringkali menjadi bahan utama es campur. Namun karena buah naga merah ini termasuk bukan buah utama yang dihasilkan para petani di Indonesia, sehingga tidak bisa sepanjang tahun bisa ditemukan di pasaran. Namun karena telah banyak diteliti tentang manfaat buah naga merah yang unggul sebagai asupan bergizi dan bisa mengatasi berbagai macam penyakit, kita bisa berharap kepada para peniti di Indonesia agar terus menerapkan rekayasa genetika untuk memanfaatkan buah naga merah ini, sehingga gampang ditanman di segala musim sehingga hasilnya melimpah.

Memang tidak diragukan lagi bahwa manfaat buah naga merah bagi kesehatan sangat tinggi. Buah naga biasanya berwarna merah tua, namun ada pula yang berwarna kuning dan merah muda. Kalau dilihat dari kandungannya baik buah naga merah, buah naga kuning maupun buah naga merah muda, tidaklah terlalu berbeda. Senyawa esensial yang terkandung di dalam buah naga merah ini sama besarnya.

Manfaat Buah Naga Merah


Manfaat buah naga merah cukup banyak, meskipun belum terlalu dikenal oleh kalangan masyarakat umum. Manfaat Buah Naga Merah salahsatunya menurunkan kadar glukosa darah, sehingga menjadi favorit bagi para penderita diabetes. Para penderita diabetes menggunakan buah naga merah sebagai makanan pengganti rendah gula. Cara mengkonsumsinya sendiri bisa langsung dimakan setelah buah ini matang atau dengan cara diolah. Di Indonesia sendiri terutama di daerah yang berudara panas, buah naga merah gampang ditemukan sebagai campuran minuman segar es campur ataupun es Buah

Buah naga merah mengandung serat yang cukup tinggi yang berguna membantu mengurangi lemak dan mengatur pencernaan. Karoten yang terkandung di dalamnya dapat membantu kesehatan mata kita. Dengan demikian apabila secara rutin mengkonsumsi buah naga merah, sangat baik untuk kesehatan terutama yang sering bermasalah dengan pencernaan atau penyakit sembelit. Penyakit sembelit secara umum memang disebabkan kekurangan serat di dalam makanan yang dikonsumsi. Akibat kekurangan makanan berserat inilah yang menyebabkan susah buang air besar dan akan mengakibatkan sembelit.

Buah naga memiliki vitamin C, B1, B2, dan B3 tingkat tinggi, fosfor, serta kalsium dan protein yang membantu pembentukan jaringan. Buah dengan daging merah ini mengandung lycopene, sebuah zat yang berfungsi untuk membantu memerangi penyakit jantung dan kanker, serta menurunkan tekanan darah.

Dengan memperhatikan Manfaat Buah Naga Merah bagi kesehatan yang demikian banyak, memang sudah selayaknya siapapun yang berkompeten dengan rekayasa genetika, pertanian, perkebunan, untuk meningkatkan produksi buah naga merah ini sehingga manfaat buah naga merah ini semakin dirasakan oleh masyarakat terutama masyarakat kurang mampu yang sangat kesulitan apabila menderita penyakit berbahaya seperti kanker atau penyakit jantung. Kalau bisa diatasi dan dicegah sejak dini dengan mengkonsumsi dan mengoptimal manfaat buah naga merah, tentu jauh lebih daripada menunggu penyakit benar-benar kronis.

Cara Mengonsumsi Buah Naga Merah


Anda sudah mengetahui manfaat buah naga merah. Kini saatnya Anda mulai untuk mengkonsumsinya. Buah naga ini sangat juicy. Dengan mudah Anda bisa membuatnya menjadi sebuah jus. Satu cangkir jus buah naga merah mengandung sekitar 100 kalori. Bagi penggemar minuman jus, tentu saja bisa mencampur buah naga merah ini dengan bahan lainnya yang juga bermanfaat, sehingga manfaat buah naga merah akan semakin tinggi. Misalnya saja untuk penggemar jus yang cenderung manis, bisa mengganti gula putih dengan campuran susu cair dan madu. Rasanya selain lebih nikmat, manfaatnya juga jauh lebih baik. Dalam berbagai macam referensi telah diketahui bagaimana manfaat madu tersebut.

Anda juga bisa memakannya secara langsung. Belah buah tersebut menjadi dua bagian. Ambil isinya dengan sendok untuk disantap langsung. Biji buah naga ini tidak perlu dibuang, karena ukurannya kecil dan tidak keras. Selain itu, biji buah tersebut mengandung serat dan lemak tak jenuh. Karena itulah bila anda membeli semangkuk es campur, akan menemukan daging buah naga merah yang berwarna putih dengan bintik-bintik hitam. Bintik-bintik hitam itulah biji buah naga merah. Bila tergigit terasa agar sedikit kecal namun tidak keras seperti biji jambu. Jadi kalaupun langsung dimakan atau ditelan begitu saja tidak akan mengganggu. Rasa buah naga merah apabila dimakan langsung, dingin dan segar, manisnya tidak terlalu bahkan cenderung tawar.

Karena cita rasa buah naga merah ini tidak selezat apel ataupun anggur, dalam mengkonsumsinya disarankan diolah terlebih dahulu, minimal dengan dibuat jus sehingga bisa dicampur dengan bahan lain. Atau bila memang ingin merasakan kelezatan buah tanpa kehilangan manfaatnya, bisa dijadikan pelengkap es campur. Silakan rasakan sensasi dan Manfaat Buah Naga Merah ini. Itulah manfaat buah naga merah, dari sekedar pereda rasa haus dan lapar, sampai dengan mampu menjaga seseorang yang rajin mengkonsumsinya dari serangan penyakit kanker, jantung dan sembelit.

Selamat menikmati dan dapatkan manfaat buah naga merah untuk kesehatan Anda!

0 Response to "Manfaat Buah Naga Merah"

Post a Comment